Gambar_Langit

Harga Cabai Merah Keriting Di OKU Makin “Pedas” Tembus Rp 100 Ribu/Kg

waktu baca 2 menit
Selasa, 25 Jun 2019 11:01 0 89 Admin Pelita

OKU, Pelita Sumsel – Semakin pedas, mungkin ungkapan ini lah yang menggambarkan harga cabai merah keriting di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) saat ini. Semula harga cabai merah keriting hanya dikisaran Rp 50.000,-/Kg kini meroket tajam hingga tembus angka Rp 100.000,-/Kg. “Dari habis lebaran harga cabai memang belum normal,” Kata Hj Mariah, salah seorang pedagang Pasar Atas Baturaja, Selasa (25/6).

Kelangkaan barang (cabai merah kerting red), menurut Hj Mariah menjadi salah satu faktor penyebab kenaikan harga cabai merah keriting. para pedagang disejumlah pasar tradisional kesulitan untuk memenuhi stock cabai merah keriting.

Saat ini lanjutnya, cabai merah keriting di ambil dari luar OKU bahkan di suplai dari luar Sumsel. “Malah ambil dari Lampung dan pulau Jawa, Karena tidak ada barang di OKU,” Sebutnya.

Pantauan di salah satu pasar tradsional Baturaja, selain cabai merah keriting, sejumah barang lainya juga ikut mengalami kenaikan, meskipun tak terlu signifikin namun kenaikan ini cukup membuat pusing para ibu rumah tangga.

Adapun barang yang mengalami kenaikan diantaranya, Cabai merah besar yang semula dikisaran Rp 48,000,-/Kg kini menjadi Rp 60.000,-/Kg. cabai rawit naik menjadi Rp 50.000,-/Kg yang semula Rp 45.000,-/Kg dan Wortel semula Rp 7.000,-/Kg naik menjadi Rp 12.000,-/Kg. “kalau kenaikan barang-barang ini masih normal dan wajar,” Tukas Hj Mariah. (KBT).

LAINNYA