Gambar_Langit

Mulai Tahun ini Jemaah Haji Sumsel Dapat Piagam Keanggotaan IPHI

waktu baca 3 menit
Rabu, 19 Jun 2019 20:17 0 92 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru mengharapkan pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Prov. Sumsel dapat menjalankan program berimplementasi langsung terhadap kemaslahatan umat.

Harapan tersebut diungkapkan gubernur ketika menerima audensi Ketua IPHI Sumsel Drs H. Ahmad Nasuhi dan sejumlah pengurus IPHI terdiri dari wakil ketua, sekretaris dan anggota bertempat di ruang tamu gubernur, Rabu (19/6) petang.

“Saya harapkan mulai musim haji tahun ini. IPHI dapat memberikan piagam khusus yang menjadi bukti bahwa yang bersangkutan memang pernah menunaikan ibadah haji. Yang memuat tanggal pulang dan berangkat haji. Sekaligus memuat nomor keanggotaan IPHI. Termasuk juga bagi jemaah yang meninggal dunia di tanah suci,” harap Gubernur.

Dikatakannya, piagam dimaksud tidak lain merupakan bukti konkrit bahwa yang bersangkutan memang pernah menjalankan ibadah haji. Mengingat selama ini ditengah masyarakat, masih ada oknum masyarakat mengambil keuntungan dari gelar haji. Padahal yang bersangkutan sama sekali tidak ada riwayat pernah menunaikan rukun Islam ke lima tersebut.

“Kadang masyarakat protes. Karena tiba-tiba ada seseorang yang menggunakan gelar haji di pangkal namanya. Untuk itu IPHI saya harapkan dapat menertibkan ini sekaligus menjadikan IPHI sebagai organisasi yang betul-betul menjalankan fungsinya sebagai wadah jemaah haji dan jemaah umroh,” tambah Gubernur.

Di kesempatan bertemu pengurus IPHI ini Gubernur Herman Deru juga mengharapkan, IPHI tetap menjalankan fungsinya sebagai fasilitator bagi jemaah haji dan jemaah umroh, untuk itu dirinya atas nama Gubernur dan secara pribadi mengucapkan terima kasih atas keterlibatkan IPHI sebagai penyambung lidah antara masyarakat dengan pemerintah.

“IPHI selama ini sudah berperan sebagai mana yang diharapkan Pemerintah. Kedepan minta ada kesinambungan kerjasama yang baik antara IPHI dengan pemerintah, maupun dengan lembaga dan organisasi lainnya dalam hal kemaslahatan umat ini,” tambahnya.

Terkait dengan akan digelarnya Muswil IPHI pada bulan Agustus 2019 mendatang. Gubernur berharap dapat berjalan dengan sukses dan profesional.

“Untuk Muswil IPHI, saya menyarankan untuk dapat dijalankan dengan normal. Organisasi ini butuh orang yangg profesional. Pemerintah dalam hal ini tidak ingin ikut mencampur,” tandasnya.

Sementara itu sebelumnya Ketua IPHI Sumsel Drs H. Ahmad Nasuhi menyampaikan tujuan dari pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Prov. Sumsel audensi adalah melapor pada Gubernur terkait dengan akan diadakannya Musyawarah Wilayah (Muswil) pada agustus 2019. sekaligus laporan persiapan pemberangkatan calon haji Provinsi Sumsel tahun haji 2019.

“Audensi kami ini selain silaturahmi dengan pak Gubernur juga ingin melaporkan agenda Muswil IPHI bulan agustus. Untuk itu mohon arahan dari pak gubernur,” ucap Ketua IPHI Sumsel Drs H. Ahmad Nasuhi.

Ikut hadir dalam Audensi pengurus IPHI Prov. Sumsel kali I diantranya Wakil Ketua masing-masing Drs H. Drs Risani, Drs H. Drs Udin Johan Hj. Atika. Beserta Sekretaris H Roni Sihabudin H. Ahmed serta Anggota diantaranya H. Darami dan H. Masherdata. Sedangkan yang mendampingi gubernur diantaranya Ketua Baznas Sumsel Najib Haitami, Karo Humas Protokol Setda Prov. Sumsel Iwan Gunawan, dan Plt Karo Kesra Setda Sumsel, M. Iqbal Alisyahbana. (YF)

LAINNYA