Home / DAERAH / MUSI BANYUASIN / Inacraft 2019, Muba kenalkan Kain Jumputan Khas Muba “Gambo Muba”
Inacraft 2019

Inacraft 2019, Muba kenalkan Kain Jumputan Khas Muba “Gambo Muba”

Jakarta, Pelita Sumsel – Inacraft 2019 menampilkan produk kerajinan terbesar di Indonesia ini secara resmi dibuka Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo didampingi Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartanto dan Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan, Rabu (24/4/2019).

Acara yang sudah dihelat ke-19 kalinya ini, melibatkan ribuan peserta dari seluruh daerah di Indonesia, yang terdiri dari pengrajin, pengusaha dan eksportir kerajinan yang menghadirkan berbagai produk unggulannya, mulai dari kerajinan tangan, batik, tenun, keramik, mainan, perhiasan, dekorasi rumah hingga aksesoris. Pengunjung melihat produk yang di pamerkan dalam ajang inacraft 2019

Inacraft 2019 sendiri merupakan salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara yang diikuti sekitar 1.700 an peserta dari seluruh Indonesia dan luar negeri.

Tak ketinggalan Pemkab Musi Banyuasin dikomandoi Ketua Dekranasda Kabupaten Muba, Hj Thia Yufada Dodi Reza ikut serta dengan stand nya yang mempromosikan kain jumputan khas Kabupaten Muba yaitu, “Gambo Muba”, dengan pewarnaan alami dan gambir yang hanya tumbuh di Desa Toman Kecamatan Babat Toman.

“Pameran Inacraft kali ini kita memperkenalkan kain jumputan khas Kabupaten Muba yaitu, Gambo Muba dengan pewarnaan alami sekaligus mengkampanyekan komitmen go green dan mengencarkan produk kearifan lokal asli Kabupaten Muba,” ujar Ketua Dekranasda Kabupaten Muba ini.

Istri Bupati Muba ini juga menjelaskan, Getah gambir Muba ini merupakan getah gambir terbaik yang ada, jadi hasil olahan pewarna getah gambir kain jumputan gambo Muba ini memang menjadi buruan pecinta fashion, jadi gambo Muba ini menggunakan pewarna alami jadi aman untuk kesehatan kulit.

“Saat ini sudah banyak inovasi Gambo Muba yang dibuatkan beberapa produk yang tidak hanya fashion kain jumputan dan jaket boomber tapi sekarang sudah ada tas, payung, dan pernak-pernik untuk souvenir yakni kain jumputan yang didesain menjadi seperti hewan gajah. Nah, inovasi-inovasi produk gambo Muba ini akan terus ditambah ke depannya,” ungkap Thia.

Thia juga menyampaikan, bagi pengunjung yang berminat terhadap gambo muba, saat ini Gambo Muba ada di Inacraft di stand hall B no 26 dan 27di Jakarta Convention Center (JCC) berlangsung pada tanggal 24 – 28 Maret 2019 mari kunjungi stand kami, gambo muba adalah kain jumputan khas kabupaten Musi Banyuasin yang kami banggakan. (*/WH)

Bagikan Ini Di :