Home / NEWS / EKONOMI / Bupati Kholid Apresiasi Bumdes Desa Bantan, Bukti Masyarakat Komering Inovatif
Bupati OKU Timur H.M Kholid Mawardi didampingi Camat BP Peliung dan Kades Bantan saat meninjau Bumdes Desa Bantan

Bupati Kholid Apresiasi Bumdes Desa Bantan, Bukti Masyarakat Komering Inovatif

OKU Timur, Pelita Sumsel – Bupati OKU Timur H.M Kholid Mawardi mengapresiasi didirikannya Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Desa Bantan Kecamatan Buay Pemuka Peliung yang bergerak di bidang penggilingan padi.

Apresiasi ini diberikan Kholid bukti bahwa masyarakat pesisir Komering juga mampu dalam berinovasi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Bumdes desa Bantan ini akan saya jadikan contoh ke Desa-Desa yang ada di pesisir Komering. Buktinya desa di pesisir Komering ini memiliki inovasi dalam mengembangkan ekonomi masyarakat,” kata Kholid dalam sela-sela meninjau Bumdes penggilingan padi Desa Bantan BP Peliung Kamis, (14/03).

Menurut Bupati, banyak peluang melalui Bumdes ini, seperti di wilayah pesisir Komering bisa digunakan untuk Bumdes di bidang perikanan dan perkebunan, mengingat sepanjang wilayah Komering ini di aliri oleh sungai. Kholid juga mengajak masyarakat untuk selalu memanfaatkan pesatnya kemajuan teknologi saat ini di bidang yang positif.

“Petani jangan takut untuk maju, segeralah menerapkan penggunaan teknologi dalam meningkatkan usaha,” katanya.

Sementara itu Kades Bantan Kenedi didampingi ketua Bumdes Sugito mengatakan, Bumdes usaha bersama desa Bantan dusun 6 yang bergerak di penggilingan padi ini setiap tahunnya memproduksi kurang lebih 50 ton beras. Biaya yang dikeluarkan petani dalam pengolahan hasil panen di Bumdes ini juga berbeda dari pabrik penggilingan padi lainnya. Kades berharap melalui Bumdes ini dapat membantu perekonomian masyarakat khususnya petani.

“Dari setiap hasil panen, biaya yang harus di keluarkan petani untuk operasional pabrik itu hanya 5 persen, kita harapkan dengan jumlah yang seperti ini dapat membantu meringankan biaya pengelolaan petani ,” katanya. (fah)

Bagikan Ini Di :