Home / ADVERTORIAL / Pemkab OKU Timur Gelar Apel Kesiap Siagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Bencana
Bupati OKU Timur saat mengecek Personil Penanggulangan bencana

Pemkab OKU Timur Gelar Apel Kesiap Siagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Bencana

OKU Timur, Pelita Sumsel – Sejumlah peralatan dan tim gabungan siaga bencana, berbaris rapi di halaman Pemkab OKU Timur. Kehadiran tim gabungan, lengkap dengan peralatan ini, dalam rangka Apel Kesiapsiagaan Bencana. Apel ini dipimpin langsung oleh Bupati OKU Timur HM Kholid MD, pada Kamis (28/2/2019).

Bupati OKU Timur di dampingi Kepala BPBD serta Unsur TNI saat mengecek peralatan Penanggulangan bencana

Dalam arahannya, Bupati OKU Timur HM Kholid MD menekankan pentingnya kerjasama semua pihak dalam mengantisipasi, serta respon cepat dalam penanggulangan bencana. Hal ini tentu didukung dengan kesiapan personil maupun peralatan bila sewaktu-waktu terjadi bencana.

“Bencana disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya faktor alam dan faktor non alam maupun faktor manusia, sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologi. Maka mulai hari ini mari kita bangun komitmen bermitra dan bekerjasama dalam upaya pencegahan maupun penanggulangan bencana,” ucap Bupati.

Khusus untuk Kabupaten OKU Timur, disampaikan Kholid, ada tiga jenis bencana yang sering terjadi, yaitu banjir, angin kencang dan kebakaran hutan dan lahan. Untuk itu, langkah-langkah strategis dalam pengendalian bencana di Kabupaten OKU Timur perlu dilakukan, seperti menyiapkan sumber daya yang ada untuk selalu siap, kompak dan kuat dalam melakukan kegiatan pengendalian bencana, melakukan upaya pencegahan berupa sosialisasi kepada masyarakat, meningkatkan kewaspadaan dan monitoring terhadap wilayah yang rawan bencana.

Personil Penanggulangan bencana saat simulasi

“Aktifkan posko siaga darurat bencana di lokasi terdekat dengan daerah rawan bencana, tingkatkan patroli bersama untuk mencegah sedini mungkin terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta tingkatkan koordinasi dengan instansi terkait dalam upaya pengendalian bencana di wilayah kerja masing-masing,” tegasnya.

Peserta Apel Kesiap Siagaan

Sementara, Kepala BPBD OKU Timur Habibullah mengatakan, OKU Timur merupakan salah satu daerah yang berisiko terhadap bencana. Menurut dia, kegiatan Apel Siaga ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan dan ketersediaan personel maupun peralatan yang akan digunakan dalam kesiapan dan penanggulangan bencana.

“Tersedianya kesiapsiagaan personil dan peralatan Kabupaten OKU Timur dalam rangka penanggulangan bencana dengan bergerak cepat, bertindak tepat, terarah, terpadu, tangguh, teruji, sinergisitas dan profesional. Alat-alat yang dipersiapkan dalam penangulangan bencana yakni, satu unit damp truk, mobil toilet, perahu karet, mobil gempa, mobil ambulans, mobil serba guna, truk sampah, mobil brimob, mobil unit pemotong pohon, mobil patroli dan lain sebagainya,” jelas Habib.

Adapun peserta apel yang hadir diantaranya, Kodim 04-03 OKU, Polres OKU Timur, Puslatpur Martapura, Yon Armed 15/105 Tarik, TEBBEK II-44-4-A-Martapura, Sat Pol PP dan Pemadam Kebakaran, Tagana OKU Timur, Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Tim kura-kura ninja BPBD OKU Timur, TRC Kecamatan, Palang Merah Indonesia (PMI) OKU Timur, Sentral Komunikasi serta PT Musi Hutan Persada (MHP). (ADV).

Bagikan Ini Di :