Gambar_Langit

Bupati Muba Instruksikan Segera Tanggap darurat Jalan Provinsi yang Rusak

waktu baca 3 menit
Selasa, 12 Feb 2019 22:03 0 98 Admin Pelita

Muba, Pelita Sumsel – Curah hujan tinggi beberapa hari belakangan menyebabkan jalan Provinsi di Kabupaten Musi Banyuasin tepatnya KM 8 seberang Jembatan Musi Jalan Soak Baru-Plakat Tinggi rusak parah, Selasa (12/2/2019).

Tidak hanya itu, akibat kerusakan jalan tersebut kondisi di lokasi menyebabkan macet panjang dan membuat kendaraan roda empat antri untuk melintas bahkan ada truk angkutan barang yang terbalik di lokasi saat dipantau media ini.

Banyak laporan warga pengguna jalan yang melintas termasuk laporan dari warga Musi Banyuasin yang meminta kepada Bupati Muba, salah satu warga ini bernama Taufik warga Sungai Keruh ini merupakan salah satu pengguna jalan setiap hari, ia bercerita telah melaporkan kepada pak bupati langsung untuk ambil alih saja perbaikan darurat Jalan Provinsi.

“Kami tahu itu jalan provinsi yang sudah beberapa kali ditimbun oleh pemkab Muba” kata Taufik sambil menunjukan isi smsnya ke Bupati Muba.

Dilanjutkan Taufik, “kenapa saya senang, ni nah jawaban pak Dodi, terimakasih pak taufik, hari ini Tim Pemkab Musi Banyuasin Segera perbaiki sementara jalan provinsi dimaksud, hari ini juga aku perintahken PUPR tindak lanjuti langsung lakukan tanggab darurat, untuk dapat segera kembali jalan itu dilalui”.

Pantauan di lokasi tampak petugas dari Dinas Perhubungan Musi Banyuasin (Muba) berjibaku mengatur kendaraan yang melintas, dan warga setempat juga gotong-royong menimbun jalan yang rusak untuk mengantisipasi kendaraan truk terjebak masuk ke lubang jalan yang rusak mengangga.

“Macet akibat jalan rusak ini sudah terjadi dua hari belakangan pak, macet ini karena kendaraan yang melintas harus ekstra hati-hati membawa mobil kalau tidak pelan bisa terjebak didalam lubang yang besar dan tergenang air,” ungkap Tohiriyanto (48) warga setempat.

Dikatakannya, macet tersebut biasanya terjadi mulai pukul 09.00 WIB dan beberapa hari ini dibantu petugas Dishub Muba yang mengatur lalu lintas.

“Kami juga warga disini gotong-royong menimbun jalan dengan alat seadanya, kami mohon pak Gubernur segera tindaklanjuti jalan Provinsi yang rusak semakin bertambah parah ini,” keluhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Muba Pathi Ridwan mengatakan pihaknya ketika mendapatkan laporan dari masyarakat langsung turun ke lokasi untuk mengatur lalu lintas yang macet panjang akibat jalan Provinsi yang rusak parah tersebut.

“Ya, meski ini status jalannya milik Provinsi tetapi kemacetan sudah mengular sangat panjang, makanya menurunkan petugas dari Dishub untuk turut mengatur lalin segera untuk mengurai kemacetan,” tuturnya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas PUPR Muba Herman Mayori mengatakan pihaknya akan melakukan penimbunan sementara di titik-titik kerusakan jalan yang parah.

“Hari ini juga kami akan melakukan perbaikan dan penimbunan di beberapa titik kerusakan jalan Provinsi, ini kali ketiga Dinas PUPR Muba berdasarkan arahan pak Bupati Muba Dodi Reza untuk memperbaiki ruas jalan tersebut, setelah sebelumnya juga dilakukan penimbunan yang materialnya dibantu beberapa perusahaan perkebunan di sepanjang ruas jalan tersebut,” ungkap Herman Mayori.

Ia berharap, agar kiranya pihak Pemprov segera melakukan perbaikan jalan tersebut agar tidak menimbulkan korban jiwa dan kemacetan sepanjang hari.

“PUPR Muba hanya membantu melakukan penimbunan di titik yang terparah saja, mengingat dana untuk perbaikan di jalan Provinsi tidak ada karena ini kewenangan Pemerintah Provinsi, tetapi demi kelancaran pengguna jalan provinsi diwilayah Musi Bangun akan kami timbun segera hari ini sesuai arahan Bapak Bupati pungkasnya. (yf)

LAINNYA