Gambar_Langit

Musim Hujan, Dinkes OKU Himbau Warga Waspadai Penyakit DBD

waktu baca 1 menit
Kamis, 7 Feb 2019 16:35 0 102 Admin Pelita

OKU, Pelita Sumsel – Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) meminta kepada warga Bumi Sebimbing Sekundang untuk mewaspadai kemungkinan munculnya penyakit demam berdarah denque (DBD) pasa musim penghujanh yang terjadi saat ini.

Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P), Andi Prapto ketika dikonfirmasi mengatakan Penyakit yang dibawa perantara nyamuk aedes aegepty ini bisa tumbuh dan bersarang di dalam genangan air. Namun untuk saat ini kabupaten OKU masih terbilang aman untuk penyakit DBD.

“Kalau daerah lain angka penyakit DBD sudah banyak. Di OKU ada 2 warga yang berdasar hasil pemeriksaan terjangkit DBD,”  kata Andi , Kamis (7/2).

Kasus DBD itu lanjutnya untuk periode Januari sampai Februari 2019. Disebutkannya Dua lokasi kasus DBD yang terkena kasus demam berdarah sudah dilakukan peninjauan dan monitoring ke lapangan. Yakni di wilayah Desa Tanjung Baru, dan kawasan Sukaraya. “Dua warga yang terjangkit DBD saat ini sudah sembuh,” ujarnya.

Pihaknya juga menyampaikan kepada pihak rumah sakit, puskesmas dan unit kesehatan lain bila ada warga yang terdeteksi kemungkinan terkena DBD untuk cepat dilaporkan. “Pasien juga harus cepat ditangani,” ujarnya.

Meski kasus DBD tidak banyak, sambung Andi, warga tetap harus waspada. “Kami minta warga tetap waspada dan tetap menjaga kebersihan lingkungan” pesannya (KBT).

Editor : Wawan Hasbuan

LAINNYA