Gambar_Langit

Pesta Durian di Ajang Festival Calourful Muara Enim 2019

waktu baca 3 menit
Rabu, 30 Jan 2019 20:03 0 113 Redaktur Pelita Sumsel

MUARA ENIM .Pelita Sumsel – Nah, ajang festival Calourful Muara Enim 2019 berlangsung  di Air Terjun Bedegung Curup Tenang kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim, pada Rabu (30/01/2019) berhasil mendapat apresiasi luar biasa dari masyarakat kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan.

Suasana terlihat istimewa dihadiri pula oleh Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru dan beberapa Bupati seperti OKU, OKI, Prabumulih. Hadir juga mantan bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar, dan Ketua TP PKK Provinsi dan kabupaten/kota.

Bupati Muara Enim H  Ahmad Yani mengatakan bahwa dalam festival colorful Muara Enim 2019 ini dilakukan berbagai launching diantaranya makanan serba durian yang merupakan komoditas tradisional  masyarakat Kabupaten Muara Enim yang jumlahnya mencapai  600 hektare dengan capaian penghasilan buah per tahunnya berkisar 500 ton. “Itupun belum termasuk tanaman duku,” ujar bupati.

Sebagai salah satu kearifan lokal maka Kabupaten Muara Enim melakukan kegiatan makanan khas durian dan kopi durian yang dikaitkan dengan destinasi wisata air terjun Curup tenang yang merupakan kebanggaan Kabupaten Muara Enim yang sudah dikenal secara nasional.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan nilai pendapatan di bidang wisata dan kuliner yang pada gilirannya akan memberikan pendapatan kepada masyarakat dan pelaku ekonomi kreatif Khususnya yang ada di Kabupaten Muara Enim.

Dikatakannya,bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitarnya secara langsung. Selain itu pula dari potensi yang ada,  juga akan dikembangkan berbagai destinasi wisata seperti wisata tambang yang ada di Bukit Asam Tanjung Enim serta destinasi wisata geothermal yang ada di kecamatan Semende.

“Nah,untuk merealisasikan berbagai destinasi wisata ini Pemerintah Kabupaten Muara Enim bersama perusahaan yang ada akan mengembangkan potensi  tersebut dan tentunya diharapkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat,” tegasnya.
Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru menyambut baik berbagai gerakan yang diambil oleh bupati Muara Enim H Ahmad Yani dimana dalam masa jabatan yang tergolong muda sudah memberikan dan menorehkan berbagai prestasi dan kegiatan untuk Kabupaten Muara Enim.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur di depan ribuan masyarakat yang hadir dalam festival colorful Muara Enim 2019 .Dikatakan Herman Deru bahwa beberapa waktu lalu Kabupaten Muara Enim menggelar kegiatan yang berkaitan dengan kearifan lokal yang disebut dengan tradisi melemang dan berhasil mendapat Rekor MURI.

“Kita ketahui bahwa Provinsi Sumatera Selatan mempunyai berbagai jenis tanaman tradisional dan potensial seperti kopi durian duku dan lainnya.
Dan seperti kita ketahui bahwa untuk produksi kopi diyakini bahwa yang terbesar adalah dari provinsi Sumatera Selatan. Namun dari berbagai jenis merek kopi yang ada di pasaran hampir mencapai puluhan. Alangkah baiknya jika berbagai kabupaten kota yang ada seperti Lahat Pagaralam Empat Lawang Kabupaten Muara Enim dan sekitarnya mempunyai komitmen yang kuat tentang kopi tersebut sehingga kita bisa memberikan nama kopi tersebut misalnya dengan merek  kopi Sriwijaya,” ungkap Deru.

Diakui oleh Herman Deru, bahwa tiap-tiap daerah mempunyai ciri khas tersendiri tentang tempoyak sehingga dikaitkan dengan kegiatan ekonomi kreatif dan pengembangan destinasi wisata diharapkan dapat memberikan berbagai kemajuan dan daya tarik tersendiri sehingga memberikan nilai tambah kepada masyarakat dan kabupaten/kota itu sendiri,” pungkasnya.(JNF)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA