Gambar_Langit

Penuhi Tiga Kompetensi Syarat Lulusan UIN RF Hadapi Indusri 4.0

waktu baca 2 menit
Sabtu, 29 Des 2018 17:33 0 83 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel –
638 Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UINRF) Palembang, ikuti acara wisuda ke-68 di gedung Academik Center, terdiri dari 9 Fakultas dan Program Pascasarjana (PPs) dari jenjang Diploma 3 (D3), Strata Satu (S1), Magister (S2) dan Doktor (S3)., Sabtu (29/10/18).

Rektor UINRF Palembang, Prof. Drs. H.M. Sirozi, M.A., Ph.D. mengungkapkan, orang yang mampu bersaing adalah orang yang memiliki integritas tinggi. Soft skill diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk kegiatan labor keagamaan dan berbagai kegiatan di masjid kampus termasuk kegiatan tahfidz.

“Tahun ini kita telah mewisuda sebanyak 150 orang. Ada yang 10 juz, 15 juz hingga ada yang hafal 30 juz. Kedepannya kita berharap semakian banyak mahasiswa yang hafidz,” ungkapnya kepada awak media usai kegiatan

Selanjutnya, ungkap Sirozi, alumni setidaknya harus memiliki 3 kompetensi agar bisa bersaing di dunia kerja era industri 4.0.

“Langkah pertama yang telah dilakukan UINRF dalam meningkatkan kompetensi alumni, Salah satunya UINRF terus menata kurikulum supaya lulusan memiliki kompetensi yang sesuai dengan prodinya,” jelasnya

“Memiliki keahlian yang memadai sesuai kelimuan sangat diperlukan. Kita terus berupaya menata kurikulum yang diberikan kepada mahasiswa dalam proses pembelajaran di kelas,” lanjutnya

Langkah Kedua selalu mendorong Mahasiswa UINRF Palembang untuk dapat tepat waktu dalam penyelesaian masa studi seperti yang diraih oleh 3 mahasiswa FISIP UINRF, yang tercatat sebagai mahasiswa pertama dan tercepat 3,5 tahun (7 semester) tamat dari FISIP UINRF.

“Kepada Orang tua dan wali mahasiswa hari ini secara simbolis kami kembalikan, setelah menmpuh pendidikan Tinggi di UINRF, harapan kami kepada mahasiswa yang belum selesai dapat mengikuti jejak-jejak positif oleh kakak tinggkatnya.”Ungkap prof. Sirozi.

Lalu, Langkah ketiga, alumni harus memiliki spiritual yang baik dan iman yang kuat sehingga bisa sukses dalam bersaing dengan lulusan dari berbagai kampus lainnya.

“Wisuda Tahun ini kita coba juga dengan memberikan Wisuda Tahfidz kepada 150 orang mahasiswa, semoga kedepan akan banyak lagi mahasiswa yang berhasil meraih doubel Wisuda, yakni ikut wisuda Tahfidz dan Ikut Pula Wisuda Akademik,” Ujarnya.

Masih menurut Sirozi, bila ketiga kompetensi tersebut diatas dapat dimiliki oleh para alumni dari 9 fakultas dan Program Pasca Sarjana, diyakini alumni UINRF dapat bersaing di dunia kerja di era industri 4.0

“Sebagai catatan untuk Kita semua bahwa apabila mahasiswa UINRF dapat menyelesaikan dalam tempo kurang dari 4 tahun (8 semester) maka masuk dalam kategori cepat, selesai 8 semester kategori normal, selesai pada semester 9-10 masuk dalam kategori agak lambat, dan bila lebih dari semester 10 bisa terancam Droup Out (DO),” pungkasnya (yf)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA