Gambar_Langit

Cegah Kecurangan Pemilu, Panwascam Martapura Gelar Rakor Pengawasan

waktu baca 2 menit
Jumat, 28 Des 2018 11:38 0 95 Redaktur Pelita Sumsel

Pelita Sumsel, Martapura – Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) serta seluruh Panitia Pengawas Lapangan (PPL) di wilayah Kecamatan Martapura menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Pemilu Partisipatif untuk Pemilihan DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019.

Turut hadir dalam Rakor ini, Camat Dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Martapura, Ormas, OKP, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, serta Sejumlah Komunitas yang ada di Kecamatan Martapura.

Output dari Rakor ini diharapkan dapat menghindari/mencegah terjadinya proses Pemilu dari berbagai bentuk kecurangan, manipulasi, permainan serta rekayasa yang dapat menguntungkan pihak-pihak tertentu serta merugikan rakyat banyak yang tidak sesuai dengan aspirasi terbesar rakyat. Demikian di katakan Novri Hasan selaku Ketua Panwascam Martapura dalam sela-sela kegiatan Rakor ini, Jum’at (28/12). Di aula rumah makan siang malam.

“Salah satu misi Bawaslu yakni mendorong pengawasan partisipatif berbasis masyarakat sipil. Untuk itu dibutuhkan kolaborasi yang kuat antar Panwaslu peserta Pemilu dan Masyarakat. Sehingga ini mampu mencegah terjadinya politik pragmatis dan transaksional,” ucap Novri.

Selain itu menurut Novri tantangan besar yang di hadapi Panwaslu, membangun kesadaran politik masyarakat. Kesadaran masyarakat atas kedaulatan dalam proses demokrasi masih rendah.”Pemicumya minim pengetahuan mengenai demokrasi, mengenai Pemilu dan pengawasan Pemilu. Diharapkan elemen masyarakat yang hadir ini mampu menerjemahkan atau membagi pemahaman-pemahaman apa yang telah di bahas dalam Rakor Pengawasan Partisipatif ini,” harapnya.

Benny Tenagus, S,KM Pimpinan Bawaslu OKU Timur yang juga hadir dalam Rakor ini menambahkan, saat ini jadwal kampanye para peserta pemilu terus berlangsung dan berakhir pada 13 April 2019 mendatang. Untuk itu melalui rakor ini jajaran pengawas mulai dari tingkat Desa hingga Kecamatan agar terus aktif dan peka terhadap wilayah kerja masing-masing. Jangan sampai ada kegiatan yang tidak diinginkan di wilayah kerjanya. Selain itu Benny juga berharap agar jajarannya dapat mendorong kesadaran pemilih akan pentingnya pengawasan.

“Rakor Pengawasan ini sudah berlangsung beberapa terakhir yang di gelar di Kecamatan-Kecamatan. Untuk itu kita harapkan elemen masyarakat yang hadir dalam Rakor ini dapat ikut mengawal setiap tahapan-tahapan pemilu ini. Informasi dari masyarakat sangat kita perlukan,” ucap Benny. (fah)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA