Gambar_Langit

Masyarakat Miskin Di Empat Lawang Mengalami Penurunan

waktu baca 2 menit
Senin, 12 Nov 2018 10:28 0 112 Admin Pelita

EMPAT LAWANG, Pelita Sumsel – Menurut Dinas Sosial Kabupaten Empat Lawang jumlah masyarakat Miskin berdasarkan data Program Keluarga Harapan (PKH) untuk tahun 2018 mengalami penurunan.

Menurunnya jumlah masyarakat Miskin tersebut di pengaruhi oleh berbagai Komponen- komponen yang menjadi standar bagi Dinas Sosial untuk menilai miskin atau tidak masyarakat tersebut.

Hal itu diungkapkan Plt.Kepala Dinas Sosial Fafif Fortuna Didampingi Kabid Perlindungan dan Penjaminan Sosial Titin Sudarsih Jumat (09/11).

Ia menjelaskan,setiap masyarakat yang sebelumnya terdata sebagai kategori masyakat Miskin dan pada saat dinilai kembali per tiga bulan sudah dianggap mampu terumatama dari segi Pendapatan atau ekonomi maka akan dikeluarkan dari kategori Miskin,karena sudah tidak masuk kriteria lagi.

Dan,kata Titin selain kriteria diatas juga masih ada komponen yang menjadi acuan Dinas Sosial untuk mengeluarkan masyarakat dari kategori miskin yaitu apabila dikeluarga tersebut tidak memiliki lagi Balita atau Anak Sekolah,dan penyandang Disabilitas serta orang tua (Manula red) yang masih menjadi tanggung jawab keluarga.

“bagi peserta yang komponennya sudah dianggap hilang seperti tidak ada lagi anak Balita dan Anak Sekolah , anggota keluarga yang mengalami disabiltas serta orang tua yang ikut keluarga tersebut, walaupun dianggap miskin namun dikeluarakan dari PKH tetapi masih akan tetap mendapatkan bantian diluar PKH seperti Bantuan Kartu Keluarga Sejahter (KKS).”katanya

Dikatakannya, pada tahap tiga yaitu bulan Juli hingga September jumlah masyarakat miskin berdasarkan data PKH berjumlah 7.294 Keluarga Pemerima Manfaat (KPM) sedang di tahap empat yaitu bulan Oktober sampai sekarang menurun menjadi 7.164 KPM sekabupaten Empat Lawang.

“Untuk jumlah keseluruhan Keluarga Penerima Manfaat di Kabupaten Empat lawang yaitu Kecamatan Lintang Kanan berjumlah 1.181 KPM , Kecamatan Muara Pinang 1.056 KPM , Kecamatan Sikap Dalam 300 KPM, Kecamatan Ulu Musi 510 KPM, Kecamatan Talang Padang 443, Kecamatan Tebing Tinggi 1.268 ,Kecamatan Saling 453, Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) 628 ,Kecamtan Pendopo 1.087 ,dan kecamatan pendopo Barat 368 dengan total Sekabupaten 7294 KPM.”jelasnya

Sedangkan, ditahap empat ini lanjut Titin .” Kecamatan Lintang Kanan 1.163, Kecamatan Muara Pinang 1.041, Kecamatan Sikap Dalam 288, Kecamatan Ulu Musi 508,Kecamatan Talang Padang 442, Kecamtatan Tebing Tinggi 1.232 , Kecamatan Saling 450, Kecamatan Pasemah air Keruh 628,Kecamatan pendopo 1.058 dan kecamatan Pendopo barat 354 KPM menurun 130 KPM dan akan bisa terus menurun.”bebernya. Darmawan

LAINNYA