Gambar_Langit

Sumsel Aman dari Bencana Gempa dan Tsunami

waktu baca 2 menit
Kamis, 4 Okt 2018 15:40 0 278 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Badan Meteorologi, Klimatologi Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan memprediksi, Provinsi Sumatera Selatan aman dari bencana Gempa Bumi, hal ini di sampaikan oleh Kepala Stasiun Klimatologi Kota Palembang Nugah Putrantijo, saat di wawancari dalam acara FGD Bappeda Kota Palembang, di hotel The zuri, kamis (4/10).

Nugah menjelaskan Sumsel secara Tofografi aman baik dari Gempa maupun tsunami.

“Sumsel jauh dari sumber gempa utama, yaitu induk zona subdaksi antara indaustralia dan Eurasia yang berada di sebelah barat pulau Sumatera yang memanjang, yang paling dekat dari Bengkulu,” Jelasnya.

Saat disinggung mengenai kondisi cuaca di Sumatera Selatan, Nugah memprediksi masih dalam kategori aman.

“Masuk musim hujan akan terjadi pada pertengahan bulan Oktober nanti istilah kita dasarian ke 2, itu sekitar tanggal 11 sampai 20, bervariasi masing-masing wilayah akan berbeda, biasanya dimulai dari wilayah pegunungan,” tuturnya.

Ketika disingung mengenai Potensi banjir akibat tingginya intensitas hujan pada saat musim hujan, Nugah kembali memprediksi bahwa di Sumatera Selatan masih tetap dalam kondisi aman.

“Perkiraan kita kondisinya akan Normal karena tidak ada cuaca atau iklim yang signifikan, tapi yang perlu diwaspadai ketika masuk musim hujan, biasanya huajan akan datang tiba-tiba disertai angin kencan dan petir,” katanya.

Namun di balik aman nya Sumatera Selatan dari potensi bencana Alam Nugah tetap berpesan kepada masyarakat Sumatera Selatan untuk selalu waspada.”Kita himbau kepada masyarakat untuk waspada tehadap pohon yang tumbang,” pungkasnya. (Ali)

LAINNYA