Gambar_Langit

Soekarno Pernah Tinggal Di Palembang

waktu baca 2 menit
Minggu, 16 Sep 2018 19:30 0 119 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Ada beberapa fakta sejarah menarik, tentang kedekatan A.K.Gani dengan Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, dimana kedekatan tersebut timbul saat Soekarno pernah dijemput A.K Gani.

Hal itu diungkap oleh Pemerhati Sejarah Palembang, Rd. Muhammad Ihksan, saat mengenang hari lahir ke 113 tahun A.K Gani, di Museum Dr. A.K Gani, Jalan M.P Mangkunegara Palembang, minggu (16/9).

“Ada beberapa literatur, tentang keberadaan Soekarno pernah menginap di rumah pak Gani, setelah di jemput oleh A.K. Gani dari lubuk Linggau sekitar tahun 1942,”ungkapnya.

Ihksan menuturkan kisah berawal saat Soekarno akan di Asingkan ke Padang oleh Belanda pada waktu itu, tapi karena suatu alasan yang tidak begitu jelas, akhirnya rombongan Soekarno pada waktu itu ditinggalkan Belanda, mendengar hal itu A.K Gani langsung mengambil inisiatif untuk menjemput sendiri Soekarno di Lubuk Linggau dan meminta beliau untuk menginap di rumahnya di jalan Kepandean no 17 yang sekarang menjadi Megaria Shoping Center Palembang.

“Sebenarnya rumah itu patut dijadikan situs cagar budaya, karena rumah itu pernah disinggahi Soekarno dan mungkin pemerintah bisa merekomendasikan itu, mengingat rumah itu pernah punya sejarah,” ungkapnya.

Sementara itu, menurut versi Pengamat Sejarah Palembang Husein Bastary mengatakan, memang benar Soekarno dulu pernah tinggal selama 2 bulan tapi dijemput di daerah Jambi dan di rumah jalan Kepandean tersebut, sebelum di berangkatkan ke Jakarta, mungkin disitu kedekatan Soekarno dan Gani mulai ada.

“Almarhum pak Gani ini, selalu di panggil Kapau oleh mendiang Pak Karno,”ujarnya.

Menyangkut pemindahan rumah asli A.K. Gani, Husein mengatakan pemerintah pada waktu itu beralasan untuk pemekaran daerah perkotaan, jadi di pindahkan ke jalan Merdeka Palembang pada tahun 1976

“Yang jelas kalau pengen tahu posisi pasti rumah Pak Gani, posisinya di Megaria,” pungkasnya.

 

LAINNYA