Home / DAERAH / EMPAT LAWANG / Robusta Empat Lawang Masuk 16 Kopi Terbaik di Indonesia

Robusta Empat Lawang Masuk 16 Kopi Terbaik di Indonesia

EMPAT LAWANG, Pelitasumsel -Kopi (Coffe) mungkin hal yang tidak asing lagi di kalangan Masyarakat Sumatera Selatan bahkan Dunia,mungkin sebagian dari Daerah di Indonesia adalah penghasil Kopi.

Terbukti Kopi Robusta Empat Lawang menerima sertifikat indikasi geografis (IG) dari Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Sertifikat diterima langsung oleh Bupati Syahril Hanafiah di Hotel Indonesia Jakarta pada 26 April 2017 lalu.

Jika Tahun lalu kopi Robusta Empat Lawang menerima sertifikat IG dari kemekumham,sedangkan di Tahun 2018 Kopi Robusta Empat Lawang masuk Nominasi 16 Besar Kopi terbaik di Indonesia.

16 kopi itu adalah Kopi Arabika Gayo, Sumatera Arabika Simalungun Utara, Robusta Lampung, Arabika Java Preanger, Java Arabika Sindoro-Sumbing, Arabika Ijen Raung, dan Arabika Kintamani Bali.

Selanjutnya, kopi Arabika Kalosi Enrekang, Arabika Toraja, Arabika Flores Bajawa, Liberika Tungkal Jambi dan Kopi Robusta Semendo asal Sumatera Selatan, Kopi Liberika Rangsang Meranti, Provinsi Riau, Kopi Arabika Sumatera Mandhailing, Kopi Robusta Empat Lawang, dan Kopi Robusta Temanggung.

Hal ini diungkapkan Iwan Ardiansyah, Salah satu pengusaha Kopi ROLIN’S COFFE (Robusta Lintang) Empat Lawang asal Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang,sanggat bangga setelah mendengar Kopi Robusta Empat Lawang masuk dalam Nominasi 16 Kopi terbaik di Indonesia.

“Dirinya sangat bersyukur setelah mendengar kabar tentang Kopi Robusta Empat Lawang masuk 16 Kopi terbaik di Indonesia,”ungkap Iwan kepada Musirawas Ekspres,Senin (16/04).

Dituturkan Iwan,memang Robusta Lintang (Roli’s Coffe) masih tergolong baru ia geluti namun ia oftimis Coffe Roli’s bisa bersaing dengan Coffe daerah lain.

“Saya yakin Rolin’s Coffe bisa bersaing dipasaran modern ataupun tradisional nantinya,”tuturnya.

Iwan pun menambahkan,sebab Coffe ROLIN’S dibeli dari petani oleh petani kopi juga terbilang sempurna karena para petani ini tidak akan memanen biji kopi mereka apabila belum merah.

”Hal ini yang menjadikan Rolin’s Coffe berbeda dari kopi pada umumnya,”tambahnya.

Ketika disinggung mengenai sampai sejauh mana Rolin’s Coffe dikenal masyarakat luar dan dipasaran.

“Saat ini Coffe Rolin’s sudah menembus pasar Modern dan tradisional serta bisa didapatkan di Mall atau Carfoer di kota kota besar,”pungkasnya

Bagikan Ini Di :