Gambar_Langit

Rudi Palem, Gitaris Legend Palembang Sampai Ahli Kelistrikan

waktu baca 4 menit
Sabtu, 10 Mar 2018 14:11 0 132 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel-Gitaris Legendaris Kota Palembang, Rudi Palem akan menjadi bintang tamu Event Kawan Lamo Part II yang akan diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 24 s/d 25 Maret 2018 ini di Kota Palembang mendatang

Rudi Palem adalah Gitaris yang juga jebolan teknik Audio SAE Institute Melbourne Australia ini tidak asing lagi dalam dunia musik,  awal tahun 2018 tak tanggung-tanggung Rudi mengajak musisi papan atas Indonesia untuk membuat sebuah project albumnya yaitu “Rudi Palem N friends Project”.

Rudi Palem N friends Project bersama Musisi yang tergabung dalam project ini diantaranya, Agung Gimbal salah satu drummer terbaik yang saat ini tergabung di band Dewa-19, Anwar Fatahillah bassist terkenal yang merupakan leader band Powerslaves, Heydi Ibrahim vokalis berkarakter juga additional penyanyi papan atas Indonesia dari band Powerslaves.

“Event Kawan Lamo Part II adalah Penampilan perdana Rudi Palem N Friends sebagai penampil utama, event ini adalah ajang Reuni musisi-musisi terbaik era tahun 80an, 90an, hingga 2000an yang akan di adakan di Lapangan kantor DPRD  Sumatera Selatan khususnya di Kota Palembang,” Ungap Gitaris Kelahiran Palembang ini kepada Pelita Sumsel Sabtu (10/3)

Rudi menceritakan bahwa Sejak dari band sekolah sampai kuliah sudah banyak prestasi yang diraihnya serta lebih dari 5 kali mendapat predikat Gitaris terbaik di beberapa ajang festival music rock di zamannya di era tahun 1990an, Band yang pernah dijalani antara lain : Tengkorak Band (Poltek Mesin Unsri 1989), Centra Band 1989, SMA BW-1 Band 1990, Red Skin Band 1994, Backstreet Band 1994-1997 dan Palem Band 1997 sampai sekarang.

Selain sebagai seoarang musisi aktiftas yang digeluti dalam Keseharian Rudi Palem lainnya adalah sebagai seorang Tenaga Ahli Kelistrikan (sesuai dengan bidang perkuliahannya yang ia geluti dahulu di Fakultas Teknik Elektro Arus Kuat Universitas Sriwijaya Palembang), sebagai seorang designer Pembangkit Tenaga Listrik berbagai karya bidang kelistrikan yang telah ia telurkan diantaranya rancangan design PLTU 3 buah PLTU Batu Bara PLN di Kalbar diantaranya yaitu Sintang 3x7MW, Sanggau 2x7MW, dan Bengkayang 2x27MW (saat iya masih bergabung di sebuah perusahaan pembuat pembangkit listrik yaitu PT. ZUG Power Indonesia – Jakarta), ia juga pernah mendesign sebuah rancangan design kelistrikan 1Pabrik Sawit di Sinarmas Group (PKS Semilar 80TPH), beberapa Pabrik Sawit di Artha Graha Group (PKS CUS 60TPH,PKS MAR KR 45TPH). Selain merancang design kelistrikan Rudi Palem juga memiliki beberapa karya pribadinya yang sudah iya Hak Paten kan dan juga sudah terdaftar di Dept. HAKI Menkumham .

“Gitar adalah alat musik saya kuasasi sejak kecil, Karena  Ibu dan Almarhum Ayahnya sangat mendukung kehobiannya ini, karena setiap ada terdengar suara alunan music dari tv/radio dia sering bersenandung sambil memegang gagang sapu di depan tv/radio,ha ha ha, melihat itu ibunya membelikannya sebuah gitar kecil okulele untuknya dan ketika menginjak seoklah dasar Ibunya sempat menyekolahkannya di sekolah music di luar jam sekolahnya, begitu sekilas cerita ibunya kepada wartawan sambil tersenyum lucu mengenang masa kecil anak kesayangannya tersebut, sejak itulah jiwa seni untuk ber-musik saya mulai berkembang hingga mahir sampai sekarang,” Ceritanya

Hampir 35 buah jumlah Lagu-lagu yang diciptakan Rudi Palem kebanyakan lahir dari alat musik berdawai 6 ini, walaupun ada juga beberapa lagu yang dia ciptakan dengan menggunakan piano, namun sempat fakum di dunia musik karena kesibukannya di dunia kerjanya yaitu perancang di bidang kelistrikan tapi tak membuat Rudi Palem berhenti di dunia musik.

Aliran musik dari Rudi Palem N friends adalah pop rock alternative dimana lagu-lagunya ada yang slow mendayu dayu ada yang ngebeat dan bahkan ada pula yang menghentak-hentak. Beragam corak musik banyak dihadirkan dalam project ini. Semoga dengan hadirnya Rudi Palem N friends ini akan menambah khasanah musik Indonesia. (yf)

Maju terus musik Indonesia!

  1. Gitar Ibanez seri RG505, 1980 Japan Original Brand.
  2. Gitar Ibanez seri JEM7V, 2004 Japan Original Brand.
  3. Gitar fender Telecaster seri Hot Rod Blonde, 2009 USA Original Brand.
  4. Gitar Bass Fender Pricission, 1976 USA Original Brand.
  5. Effect Digitech RP-10, 1994 USA Original Brand.
  6. Effect Line-6 M13, 2015 China Brand.
  7. Efect Digitech Whamy, 2009 China Brand.
  8. Efect Boss Chorus, Delay, Vibratio, Japan Original Brand.
  9. Guitar Amplifier Fender Deluxe, 2009 Mexico Original Brand.
  10. Guitar Amplifier Peavey Express 112, 1994 USA Original Brand.
  11. Protools Profesional Audio Recording-Digi 002 Rack Sound Card, 2003 USA Brand.

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA